Senin, 01 Juni 2009

Meningkatkan Traffic Cara Sederhana


Bagaimana rasanya kalau kita jualan nasi kucing di pinggir jalan yang diterangi lampu bolam 40 watt tiap 30 meter sambil harap-harap cemas apakah ada pengunjung yang datang hari ini. Saya ga pernah tuh, tapi kalo yang dimaksud perasaan dari si penjual itu saya sih sering kaleee..... Tapi memang betul kan, seberapa bagusnya sebuah blog tidak akan pernah dianggap keren kalo trafficnya bener-bener zero point malah jadinya seperti kayak yang saya tulis tadi di atas. Nah, traffic di sini maksudnya ya orang-orang yang berkunjung ke blog kita. Semakin banyak semakin bagus karena kita akan terkenal di dunia maya (semakin terkenal bisa semakin kaya ehehehe....). Itu adalah pemahaman sederhana saya hasil blogwalk ke beberapa blog. Postingan ini saya tulis karena prihatin dengan blog saya sendiri yang sepi dan merana seperti puncak gunung Himalaya yang ga ada pendakinya. (Padahal dah saya pasangi iklan segala sambil berharap ada yang minat ngeklik, tapi ternyata... hiks...).
Okhay!!! Tidak pantas kiranya kita putus asa! Sebagai orang baru kenal blog, saya harus belajar. Yosh!! Hasil penjelajahan lewat Google sangat hebat, banyak ide dari para “orang pintar” yang bisa kita jadikan referensi. Mulai dari ide sederhana(1), menggunakan kata sakti(2), 72 jurus ala kang aswad(3) dan buanyak lainnya. Tapi dari sekian banyak cara, saya ambil tips dari gnupi.com yang menurut saya bisa saya lakukan, yaitu:

1. Mengupdate Blog Secara Berkala
Langkah ini perlu dilakukan karena sulit menjaring pengunjung hanya mengandalkan search engine. Jadi paling tidak ”manjakan” pengunjung yang kebetulan menyempatkan diri maen ke blog kita. Memanjakan dari konsep blog yaitu tulisan menarik dan apik yang selalu terupdate. Usahakan untuk mengupdate secara rutin dan berkala, dengan begitu blog kita berkesempatan menjadi blog yang wajib dikunjungi oleh pengunjung tersebut.

2. Meningkatkan kualitas artikel
Saya setuju (apakah teman-teman lainnya setuju?) kalau kualitas artikel itu tidak baku, dia berkembang sedikit demi sedikit sesuai dengan pribadi penulisnya. Ternyata kita tak perlu minder tentang hasil tulisan kita sendiri, tetaplah menulis dan lambat laun kualitas tulisan akan meningkat lalu bakal tercipta gaya menulis ala kita sendiri. Seiring dengan meningkatnya kualitas para pengunjung akan merasa senang dan mendapat manfaat ketika membacanya, dan bukan tidak mungkin akan membaclink Dan sebagai langkah awal kita bisa dengan belajar untuk membuat tulisan yang jelas maksud dan tujuannya.

3. Blogwalking dan Memberi Komentar
Maksudnya, kita harus sering maen ke blog teman-teman lainnya, sama-sama ngebahas sesuai topic yang mereka tulis bisa juga disertai candaan, dan kemungkinan pembaca blog yang lain “tergelitik”dan “melirik” blok kita. Sepertinya, menyenangkan sekali ya kita bisa saling kasih comment dan memperluas jaringan silaturahmi, dan kita bisa saling menge-link atau paling tidak menerapkan ”U comment I visit”. Seakan-akan bekerjasama saling meningkatkan traffic. Tapi jangan lupa untuk mebalas komentar mereka yang maen ke blog kita, kan kasihan sudah jauh-jauh berkunjung kitanya ga kasih respon.

4. Menggunakan Themes Blog Yang Ringan
Ternyata pengunjung biasanya tidak suka dengan blog yang butuh waktu lama membukanya, maka tidak dianjurkan memasang banyak-banyak aplikasi web apalagi untuk gaya-gayaan. Penggunaan javacript terlalu banyak juga akan membuat blog menjadi lambat. Banyak lho teman-teman kita yang berlangganan koneksi internet yang tidak unlimited, nah itulah gunanya kita pakai theme yang ringan agar mereka bisa gampang kalau mau berkunjung ke blog kita, mereka punya potensi lho untuk jadi pengunjung tetap kita.

Itulah 4 tips yang sederhana dan tidak njlimet untuk meningkatkan traffic blog kita dan menurut sumber aslinya merupakan cara meningkatkan traffic tanpa mengedepankan metode SEO loh. Yosh!!! Saatnya belajar dan praktek. Mohon maaf kalau masih banyak kekurangan. Terima kasih untuk kalian yang telah menuliskan tips-tips hebat, dan kalian yang telah berkunjung di blog yang sederhana ini, silakan kalau ada yang mau nambahin itung-itung bagi ilmu dan beramal huehe. Datang lagi ya!!!!!A

Sumber asli:
Judul: Meningkatkan Traffic Blog Tanpa SEO
http://www.gnupi.com/meningkatkan-traffic-blog-tanpa-seo/

Tidak ada komentar: